Jalur Masuk Universitas Indonesia (UI) Program Sarjana Reguler

Jalur Masuk UI Tahun 2008
Untuk Program Sarjana Reguler :
1. Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)
2. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), merupakan jalur seleksi nasional
3. Ujian Masuk Bersama, merupakan jalur seleksi UI bekerja sama dengan Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PSPMB)

Pilihan Jurusan
Program Studi Sarjana Reguler :
1. Fakultas Kedokteran (IPA)
- Pendidikan Dokter
2. Fakultas Kedokteran Gigi (IPA)
- Pendidikan Dokter Gigi
3. Fakultas Kesehatan Masyarakat (IPA)
- Kesehatan Masyarakat
- Gizi
4. Fakultas Ilmu Keperawatan (IPA)
- Ilmu Keperawatan
5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Matematika
- Fisika
- Kimia
- Biologi
- Farmasi
- Geografi
6. Fakultas Teknik (IPA)
- Teknik Sipil
- Teknik Lingkungan
- Teknik Mesin
- Teknik Perkapalan
- Teknik Elektro
- Teknik Komputer
- Teknik Metalurgi dan Material
- Teknik Kimia
- Teknik Arsitektur
- Teknik Industri
- Arsitektur Interior
- Teknologi Bioproses
7. Fakultas Ilmu Komputer (IPA)
- Ilmu Komputer
- Sistem Informasi
8. Fakultas Hukum (IPS)
- Ilmu Hukum
9. Fakultas Ekonomi (IPS)
- Ilmu Ekonomi
- Akuntansi
- Manajemen
10. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (IPS)
- Arkeologi
- Ilmu Filsafat
- Ilmu Perpustakaan
- Ilmu Sejarah
- Sastra Arab
- Sastra Belanda
- Sastra Cina
- Sastra Daerah untuk Sastra Jawa
- Sastra Indonesia
- Sastra Inggris
- Sastra Jepang
- Sastra Jerman
- Sastra Perancis
- Sastra Rusia
- Bahasa dan Kebudayaan Korea
11. Fakultas Psikologi (IPS)
- Psikologi
12. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IPS)
- Antropologi Sosial
- Ilmu Administrasi Fiskal
- Ilmu Administrasi Negara
- Ilmu Administrasi Niaga
- Ilmu Hubungan Internasional
- Ilmu Kesejahteraan Sosial
- Ilmu Komunikasi
- Ilmu Politik
- Kriminologi
- Sosiologi

Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan bagi mahasiswa baru yang diterima dari ketiga jalur di atas adalah sama dan ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan.
Biaya Operasional Pendidikan (BOP) per semester :
- Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora : Rp100.000,- s.d. Rp5.000.000,-
- Rumpun Ilmu Kesehatan, Ilmu Sains dan Teknologi : Rp100.000 s.d. Rp7.500.000,-

Uang Pangkal (dibayarkan pada semester satu, tahun pertama) :
- FK, FKG, FT, Fasilkom : Rp25.000.000,-
- FE, Fisip, FH, FPsi : Rp10.000.000,-
- FKM, FIK, FMIPA, FIB : Rp5.000.000,-

Bagi yang tidak mampu, UI dapat memberikan keringanan biaya pendidikan.

Detil biaya pendidikan per jurusan dapat dilihat di sini.

Beasiswa
UI memberikan beasiswa lebih dari 20 milyar rupiah per tahun, berupa “Beasiswa Seribu Anak Bangsa” dan skema beasiswa lainnya untuk Program Sarjana Reguler yang diterima dari ketiga jalur masuk di atas.

1. Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)
1.1 Pengertian
UI mengirimkan undangan kepada siswa SMA yang berprestasi di seluruh Indonesia untuk bergabung menjadi mahasiswa UI.

2. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPPTN)
2.1 Pengertian
Jalur ini merupakan jalur masuk melalui ujian seleksi nasional yang diselenggarakan oleh panitia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Depdiknas).

2.2 Alokasi Penerimaan
UI mengalokasikan bangku mahasiswa baru dari jalur ini sebanyak 20%.

2.3 Pendaftaran
Pendaftaran SMPPTN dibuka pada 16 – 26 Juni 2008.

2.4 Waktu Ujian
Ujian dilaksanakan pada 2 – 3 Juli 2008.

3. Ujian Masuk Bersama (UMB)
3.1 Pengertian
Jalur ini merupakan jalur masuk melalui ujian seleksi yang diselenggarakan oleh UI bekerja sama dengan Perhimpunan SPMB Nusantara.

3.2 Alokasi Penerimaan
UI mengalokasikan bangku mahasiswa baru dari jalur ini sebanyak hampir 80%.

3.3 Persyaratan Pendaftar
1. Lulusan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb) tahun 2008, 2007, dan 2006.
2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

3.4 Kelengkapan Pendaftaran
1. Fotokopi STTB/ Tanda kelulusan yang dilegalisir dan aslinya (bagi lulusan 2006-2007), atau fotokopi raport kelas 1 dan 2 yang dilegalisir, atau kartu tanda peserta ujian nasional, atau surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan ybs. telah mengikuti ujian nasional dan benar murid sekolah tersebut (bagi lulusan 2008).
2. Fotokopi KTP dan aslinya atau Kartu OSIS atau surat keterangan dari sekolah (bagi yang belum memiliki KTP).
3. Tiga lembar Pas Foto terbaru (tiga bulan terakhir) ukuran 4 x 6.

3.5 Tata Cara Pendaftaran
Untuk daerah Jakarta, ada dua alternatif cara pendaftaran :
1. Jalur pendaftaran perorangan, atau
2. Jalur pendaftaran kolektif melalui sekolah, yang akan diteruskan melalui Sub Rayon Ujian Nasional SMA dan SMK di Jakarta, atau ke Sekretariat Panitia Lokal PSPMB – UMB. Jadwal lengkap untuk pendaftaran kolektif sekolah dapat dilihat di www.ui.ac.id.
Untuk daerah selain Jakarta, silakan mendaftar melalui jalur pendaftaran perorangan.

3.6 Biaya Pendaftaran
Pendaftar akan dikenakan biaya pembelian formulir sebesar :
1. Rp175.000,- untuk pilihan jurusan IPA atau IPS
2. Rp200.000,- untuk pilihan jurusan IPC

3.7 Waktu Pendaftaran
Pembayaran biaya pembelian formulir di BNI (seluruh Indonesia) : 19 s.d 30 Mei 2008.
Pendaftaran lokal Jakarta : 22 s.d 30 Mei 2008.
Pendaftaran di wilayah selain Jakarta : 27 Mei s.d 4 Juni 2008.

3.8 Lokasi Pendaftaran
1. Lokal Jakarta
Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur
2. Medan
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU)
3. Padang
Kampus Universitas Negeri Padang (UNP)
4. Yogyakarta
Kampus Widya Mataram
5. Surabaya
Gedung Amarta-Kopertis Wilayah VII
Jl. Kertajaya Indah Timur No. 55
6. Makassar
Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas)
7. Semarang
Jl. Kertanegara IV No.2

3.9 Waktu Ujian
Jakarta, Medan, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan wilayah-wilayah lain yang akan ditentukan kemudian : 7 s.d 8 Juni 2008

3.10 Materi Ujian
Bisa dilihat di post sebelumnya.

3.11 Pengumuman Hasil Ujian
Hasil UMB akan diumumkan mulai 21 Juni 2008.

3.12 Sekretariat
Sekretariat PSPMB – UMB
Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat
Telp. (021) 31930339, 3101906
Fax. (021) 31930328

Sumber : www.ui.ac.id, www.ui.ac.id(2)

About these ads

30 Responses

  1. thanks ya untuk tambahan infonya :)

  2. pasinggreeeeeeeeeeettttttt masuk ui ada ga

  3. m0re inf0 donkz dari tekno bioproses, arsitektur iterior, n gizi… thanX..=)

  4. ada gak ujian lokal di UI.
    ditunggu jawabanya ya….
    makasih

  5. Arsitektur ui mahal y biaya’a? Kalo ada kringanan bisa sampe seringan apa?

  6. Saya murid sma jurusan IPS dan ingin masuk fakultas kjomputer, Bisa gak’????????

  7. Aq pgen bgt msuk UI jurusan kbdnan!
    Kra2 biaya msuk y brp y?

  8. susah taq c mcuk fakultas teknik arsitek di UI

  9. klo soal biaya’a mahal taq c ….

    pengen banget neh jadi arsitek …….

  10. oiya ….

    bedana teknik arsitek ma arsitek interior apa c ….

    tyuz enakan mana …….

  11. biar sekalian neh nanya’a …

    eehhmmm …..

    gambar arsitek itu susah pa gampang

  12. gimana ya caranya.

  13. Qra-Qra kpn ya UI buka pndftran calon mahasiswa baru buat tahun 2009???

  14. passing grade sastra indonesia ui brp y?? trz pmnatnya thn kmrn brp org?? yhnks y

  15. rincian biaya kuliah untuk fkmui berapa?
    kedokteran & farmasi juga kalo bisa.
    terima kasih

  16. jalur masuk UI untuk lulusan SMK jurusan teknologi industri apa saja ya….???? syaratnya apa saja….????

    klo lulusan SMAKBO melanjutkan pendidikan S1 butuh berapa tahun lagi…????

    ada ga program kuliah untuk mahasiswa yang sambil bekerja di UI…????

    untuk lulusan SMAKBO ( analis kimia) lebih baik melanjutkan jurusan fakultas apa ya….????

    ditunggu jawabanya…
    makasih…

  17. w bingunggg moo mask jurusan apeeeee

  18. jil peminat masuk fkm ui brapa %???????????????????????
    tanks for your attention

  19. boleh minta rincian mengenai fakultas bioproses ga? apa bedanya sama fakultas biologi?
    trus passing grade tiap2 fakultas ada ga ya? minimal peringkat2nya berdasarkan passing grade gitu… kalo ada dimana? makasih…

  20. kak,, mo nanya, daya tampung jurusan arsitektur sama arsitektur interior UI berapa ya?
    trus, passing gradenya berapa juga kak?

  21. Mari kita cari info di website UI dan hotline UI, sapa tau dapet…

  22. gw pngen msk ui tp gw msh bngung,
    gmn si caranya?
    tak tunggu yah!

  23. Bingung masuk UI?
    Ada kendala apa?

  24. pgn bgt masuk arsitektur ..
    susah ga sih ??
    trus persyaratannya apa aja ?

    di UI ga ada astronomi ya ?

  25. thks ats infonya..

    klw ada Facebook..please add yah..
    cri pke almt email ku ajah.

  26. saya aliyah jurusan ips dan saya ingin masuk fakultas kedokteran .bagaimana caranya kasih tau dong?

  27. IPS masuk FK?
    Kayaknya udah bisa tuh sekarang ya…
    tinggal ambil kelompok IPA, penuhi persyaratan, terus kerjakan soal dengan sebaik-baiknya deh..

  28. Mau tanya, website pasca sarjana UI (http://www.pps.ui.ac.id) kok gak bisa dibuka, loading terus… lagi maintenance ya??
    Mau cari info via web kemana lagi ya??

  29. kalau mencari siswa yang teladan SAYA ORANGNYA!!!!!!!!!!!
    kalau mencari siswa kaya SAYA BUKAN ORANGNYA!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: