Ujian Masuk Bersama (UMB) 2008

UMB 2008 ini adalah Ujian Masuk Bersama beberapa perguruan tinggi negeri, antara lain :
1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
3. Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta
4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Waktu dan Lokasi Pendaftaran
Tanggal : 19 Mei – 30 Mei 2008
Tempat : Kampus UI Salemba, Jakarta.

Biaya Pendaftaran
Kelompok IPA, Rp 175.000,00
Kelompok IPS, Rp 175.000,00
Kelompok IPC, Rp 200.000,00

Ujian Seleksi

Tanggal : 7 – 8 Juni 2008

Materi Ujian
Hari Pertama I :
Kemampuan Kuantitatif dan Bahasa
(Kelompok IPA, IPS, dan IPC) :
– Matematika Dasar
– Bahasa Indonesia
– Bahasa Inggris

Hari Kedua :
Kelompok IPA/IPC
– Matematika IPA
– Biologi
– Fisika
– Kimia
– IPA Terpadu

Kelompok IPS/IPC
– Sejarah
– Geografi
– Ekonomi
– IPS Terpadu

Pengumuman Hasil Seleksi
Diperkirakan awal Juli 2008

Bobot soal dan kisi-kisinya hampir sama seperti SPMB/SMP-PTN. Demikian pula dengan kualitas ujiannya, tetap terjamin. Tidak ada sumbangan-sumbangan tambahan seperti halnya USM ITB dan UM UGM. Status lulusan jalur ini sama seperti lulusan jalur SPMB/SMP-PTN, dan tetap dikenakan uang pangkal.

Jalur UMB ini merupakan jalur masuk UI yang terbesar porsinya, dibandingkan jalur lainnya :
1. Jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) : 50,89%
2. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNM-PTN) : 20%
3. Jalur Kerja sama Daerah dan Industri : 17,78%
4. Jalur Prestasi Olimpiade/Seni : 1,33%

Yang lolos seleksi UMB tetapi tidak diambil, namanya akan di-blacklist dari semua jalur masuk UI selama tiga tahun berturut-turut. Tetapi yang tidak lolos UMB, tetap bisa mengikuti SMPB/SMP-PTN.

Kemungkinan ujian seleksi bisa diadakan juga di daerah selain Jakarta.

Sumber : SPMBLover

Catatan : informasi dapat berubah sewaktu-waktu.

54 Responses

  1. Thx banged ya buat infonya…

  2. oya, kalo ada perkembangan lagi ttg UMB UI 2008 tolong kabarin yha…
    Thx b4

  3. saya ingin ikut UMB untuk UI tetapi saya tinggal di samarinda ,kaltim..jadi saya harus ke UI langsung untuk pendaftaran atau ada cara lain yang dapat ngebantu saya???? n then pada saat kita mendaftar UMB berkas-berkas apa yang harus dibawa/diberikan???
    thx b4

  4. daftarnya gmana?
    langsung kSalemba to ada pendaftaRan onLine?
    tengkyuuuu

  5. skr gw pngn info spmb yg jls bgt.matur nuwun .rspnd ya

  6. dftrnya gmn??qt mesti lngsung k UI salemba ya???
    Klo biayanya gmn kya UM2 univ. laen ga??mis UNPAD gt yg ada batas min. sumbangannya???
    Pas dftr hrs lngsung ngasih berkas2 apa aj??
    thx……

  7. thx ya infonya..!! ^^

  8. sampai sekarang udah ada belum perwakilan atau panitia di padang??

  9. makasih ya bwd info na..

  10. daftar nya harus di jakarta yaah??
    di medan bisa gak??
    kan salah satu ptn nya usu tu..

  11. “Jalur UMB ini merupakan jalur masuk UI yang terbesar porsinya, dibandingkan jalur lainnya :
    1. Jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) : 50,89%
    2. Jalur Seleks….”

    maksudnya p ni?? dr psrta seleksi,, ato semua bangku,, ??

    oiye,, ktnya klo d UI, yg dah ngkut UMB,, g bleh ikut SNM-PTN….
    bnr g c??

    rply plis…

    -THX-

  12. to CrazyHollow :
    maksudnya yakni untuk semua bangku, keseluruhan bangku mahasiswa baru UI.
    yang udah ikut UMB tapi gak lolos, tetep bisa ikut SNM-PTN,
    yang udah ikut UMB dan lolos, bakal dicoret dari SNM-PTN.

    to others :
    saya juga belum explore lebih lanjut mengenai teknis dan detil pendaftarannya ini. Kita tunggu saja ya sampai tanggal 19 Mei, di mana telah dibuka pendaftarannya di UI Salemba, Jakarta. Mudah-mudahan saya ataupun teman-teman mendapat info terbaru.

  13. gw ga tau harus seneng or sedih dengan adanya umb…
    tapi gw karena biaya kul dari umb n smnptn hampir sama jadi boleh juga daaaaahhh………..

  14. aQ mau tanya berkas-berkas buat staratna apa ajah tu???

    thx b4

  15. aku mo berbagi info ttg umb 2008

    pendftrn tuk wilayah Jakarta dimulai tanggal 19 Mei dan 21 Mei berakhir 31 Mei 2008, pendaftaraan untuk wilayah lain dimulai tanggal 27 Mei berakhir 4 Juni 2008.
    Pengembalian formulir dilaksanakan pada kurun waktu 19 Mei dan 21 Mei s.d. 31 Juni 2008 (Untuk Wilayah Jakarta), 27 Mei 2008 s.d. 4 Juni 2008.
    seleksi 7-8 juni, pngmmn tgl 21 juni

    PERGURUAN TINGGI PESERTA UMB
    a. Universitas Indonesia
    b. Universitas Negeri Jakarta
    c. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    d. Universitas Sumatera Utara
    e. Universitas Hasanuddin

    Informasi Panitia Lokal UMB :

    a. Medan
    – Kampus Universitas Sumatera Utara

    b. Padang Kampus UNP
    – Kampus Universitas Negeri Padang

    c. Jakarta
    – Kampus Universitas Negeri Jakarta

    d. Semarang
    – Jl. Kertanegara IV No.2

    e. Surabaya
    – Gedung Amarta-Kopertis wilayah VII, Jl Kertajaya Indah Timur No. 55

    f. Makasar
    – Kampus Universitas Hasanuddin

    Informasi mengenai pendaftaran
    UMB (021) 31930339, 3101906 Fax. (021)31930328.

  16. bisa kasih tahu tiap jurusan pagunya berapa?

  17. Thanks untuk tambahan infonya ya Mas Iqbal.
    Barusan saya buka lagi website UI, ternyata ada info mengenai UMB ini, nanti akan saya rangkum lagi di posting-an berikutnya.
    Untuk para starkomen😛, ayo kita tetep sharing info mengenai UMB ini ya…
    Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya..:)

  18. oooh jd kLo dPadang t Panitia Lokalx di Kampus UNP y!!!!
    thaNx bGt y bwat IqbaL ats INfox

  19. mau daftar umb g mn caranya????????????????????????????????????????????????

  20. coba liat2 di koran lokal juga..sapa tau ada pendaftaran lokal.
    di lampung aja ada lho..

  21. umb membwdh diriqu pusing…!

  22. aq pengen bnget kut UMB ne….
    tp aq bingung apa nantinya ada sumbangan yang gede banget????
    biasanyakan begitu sihhhhhhh

  23. kLu ikT umb,, pmilihan jur na gMn???
    mis mW ikt akun ui,,
    bS ga??

    bLs y,,
    tHx,,

  24. Frezcha, setau saya sih yang sumbangannya gede itu yang dari jalur KSDI. Kalau dari jalur UMB, uang pangkalnya sama dengan dari jalur SNMPTN. Besarnya tergantung kemampuan penanggung biaya pendidikan.

    Reza, daftar jurusan yang bisa dipilih melalui UMB bisa dilihat di https://aldhino.wordpress.com/2008/05/20/jalur-masuk-universitas-indonesia-ui-program-sarjana-reguler/😛 .

  25. thaks ya, oh ya barti hari kedua ipa dulu y?

  26. ak mw ikt umb ,truz syarat-syaratnya apaan n pembayaran melalui apa .thanks b4

  27. thx jdi ada 2 gelombang masuk yaitu umb n snm ptn dech selain um
    masuk perguruan tinggi negeri jdi makin mudah

  28. Saya kecewa skali dgn persiapan panitia UMB.
    Saya sudah mengantri formulir dr jam stgh 8 pagi tp smp skrg blm dapat karena katanya formulir habis.
    Saya ngantri d UNJ.

  29. iya, sepertinya kurang profesional.. ada yang membahas di sini:
    http://feeds.feedburner.com/~r/anakui/~3/300499760/

  30. Saya kecewa sekali dgn panitia UMB. Saya sudah datang untuk ambil formulir d UNJ dr jam 7 pagi, tnyt baru dapat jam 14.30.
    Katanya formulir habis lah.
    Gmn c, pdhl jarak dr UNJ k UI Salemba kan g jauh.
    Masa tidak ada antisipasi.
    Mohon koordinasinya.
    Thx…

  31. Wah, saya jadi kacau kirim komentarnya.
    Lebih baik jgn terpusat d UNJ saja dan diadakan kolektif saja seperti SPMB dulu.
    Gara2 over load, UNJ jadi SUPER MACET.
    Dan sepertinya kaca BAAK d UNJ sbentar lg pecah karena d ketuk2 dgn keras oleh para calon pengambil formulir.
    Lg jg knp c loketnya g d buka semua n formulirnya knp juga harus d bagikan sedikit2?

  32. maksudx kl ktrima di UI lalu di coret dr SNM-PTM tuh bwt semua universitas d Indonesia pa cm bwt smua jurusan d UI aja?

  33. sepertinya hanya untuk UI aja yah..
    (kurang tau sih)

  34. aduhhhhhh kapok umb nya ngantri ga teratur
    an bt ngasih kelas yg kta ga tw secara humz w tangerang tes di cililitan

  35. UMB PAYAH, GA BECUS. banyak peserta yg terlantar setengahjam hanya kesalahan panitia. Pencarian lokasi hanya sampai nomor peserta 14rb an sedangkan peserta dgn nomor peserta di atas itu tidak ada pengumuman lokasi. Mau Bukti? banyak peserta mendapat ruangan dadakan di sma 31 hanya karena kesalahan panitia. Bayangkan saja betapa kecewa waktu setengah jam tidak dapat mereka pergunakan

    • makanya, sehari sebelum ujian di tinjau dulu lokasinya jadi
      tidak mutar muter kehabisan waktu, saya sebagai orang tua siswa sampai bela belain masuk angin naik motor dari Bekasi ke Jakarta hanya untuk lihat lokasi saja.
      perjalanan pp 2 jam , lihat lokasi cuma 2 menit,
      ya mudah mudahan Dian lulus ya ? jangan pesimis amien

  36. aduh aduh..gimana ya itu panitia…

  37. berapa biaya persemester untuk fakultas hukum UNHAS ?

    THANKS

  38. waduuuuhhhh!!!!!….soalnya kok sulit-sulit amat sih????….tapi bagus kok,itung-itung buwat pelajaran bagi saya biar gak kaget menghadapi snmptn 2008 nanti..thanks buwat penyelenggara umb 2008 ini and kalau mencantumkan peserta yang lulus umb 2008 ini,jangan lupa cantumkan saya ya??!!..hehehehehe….^_^

  39. aq sukses UMB
    hehe………
    tnggu aq UIquuuuuuuuuuu………..

  40. wAahh.. sOalnya Gokil2!!!!!!
    Tp gapapa deCh buAt pengalaman…
    SerinG2 AjA YA nGadain UMB lg.. ^_^

  41. Oiya…. aDa yG keLupaan nech…
    Panitia nya ko Ga tanggung JawaB sihh????
    Peserta nya pada nyasar niehhhhh!!!!!!

  42. gmans klo yg uda dpt umb tpy gg d ambil .
    tp saya gg ambl fkultas ui.
    ap it msh bsa iktn SNMPTN????
    wlopun plhan fkultasny d luar daerah??
    bsa yya ???!

  43. kurang tahu juga nih..

  44. bos ada teman saya yang dah lulus umb d usu
    namun dia ikut snmptn
    gimana itu

  45. sebaiknya jaga-jaga aja dengan mendaftar ulang di pilihan yang lolos UMB-nya itu, siapa tau di SNMPTN langsung dicoret..

  46. Ini si aldhino jawabannya kurang bermutu banget😛

  47. Huehehe..ya kita kasih solusi yang cepat dan aman…

  48. Promosi yang cepat dan aman dulu ah

  49. jalur prestasi UI jurusan sastra dimulai kapan sampai kapan ?

    terus kalo keterima jalur prestasi yang dipotong biaya apa aja??

    thanks yah… buat info nya..!!!

  50. Jangan berpikir untung untungan, tapi berpikirlah apa yang kamu bisa untungkan

  51. “apa yang kamu bisa untungkan”, maksudnya? Berdagang dong😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: